Thursday, February 16, 2006

Otak-otak :-)

Pagi ini aku coba otak-atik blogku, dan dapet tips dari blognya Na tentang memotong tulisan yang panjang, trus diberi "Read More!" dibagian bawahnya. Tidak terlalu sulit sih, cuman emang butuh sedikit ketelitian :) karena yang kita otak-atik adalah kode program dari blog kita yang ada pada bagian template. Tapi ini hanya untuk anda yang pake' blogspot (blogger.com). Jadi kalau anda punya tulisan yang cukup panjang, tulisan tersebut bisa dipotong (supaya yang baca gak terlalu jenuh dan dipaksa) pada bagian tertentu tulisan anda kemudian kalau ingin melihat lebih jauh tinggal klik "Read More!" atau teks lainnya yang bisa anda ganti sesuai selera, misal "Selengkapnya >>" atau "Lebih Lengkap ...".
Agar anda tidak terlalu bingung anda bisa melihatnya pada bagian dibawah ini (sebenarnya sih anda tinggal lihat di langkah-langkah yang anda harus lakukan hanya ada 3 yaitu :
#1
anda masuk dulu ke bagian Template, Edit Current, nah anda tinggal sedikit drag layar yang dibagian dalem kemudian anda copy & paste kode program ini (jangan diubah sedikitpun) :)
span.fullpost {display:none;}
span.fullpost {display:inline;}
letakkan kode diatas dibagian antara tag ” ”,
susah nyarinya ? ada dibagian paling atas sendiri, kalo anda udah ketemu tag-nya paste saja setelahnya, berikutnya
#2
anda harus copy & paste kode program berikut ini
Read more!
letakkan setelah tag “”, kalo bingung nyari anda bisa cari dengan tekan ctrl+f, tuliskan tag “<$BlogItemBody>” tersebut pada "find what" kemudian find, setelah ketemu paste kode program diatas persis dibawahnya.
tulisan Read More! pada kode program tersebut bisa anda ganti sesuai selera :)
#3
sampai langkah #2 sebenarnya dah selesai, tapi efeknya tidak akan terlihat, nah supaya efek dari kode program tersebut bisa terlihat, setiap kali anda posting/menulis copy & paste kode program ini ”” pada bagian teks atau paragraf yang ingin anda potong, contohnya :
“Agar anda tidak terlalu bingung anda bisa melihatnya pada bagian dibawah ini (sebenarnya sih anda tinggal lihat di help-nya blogger.com) langkah-langkah yang anda harus lakukan hanya ada 3 yaitu :
maka hasil posting anda akan terlihat seperti ini :
Agar anda tidak terlalu bingung anda bisa melihatnya pada
Read More!
cukup mudah toh ? :) rumit juga sih...,
cuman saya belum dapet cara menghilangkan "Read More!" pada setiap posting yang kita buat sekalipun tulisannya pendek :)

1 Comments:

At 2/16/2006 02:14:00 PM , Anonymous Anonymous said...

gitu donk! Ini baru erwin sutomo (emang sebelumnya siapa :D)

Belajarlah dengan caramu sendiri!

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home