Tuesday, August 22, 2006

Akhirnya ngomongin e-gov

Setelah tertunda minggu lalu gara2 bentrok jadwal ama ibu walikota (istrinya pak walikota) akhirnya sore tadi aku, soetam, dan pak Nadjib kepala Bapetikom bisa siaran dan ngomongin tentang e-goverment. Mumpung masih bernuansa agustusan, kita coba untuk mengangkat tema pelayanan publik yang masih belum terasa oleh kita.
Dan dari obrolan kita saat off air, ternyata banyak hal yang aku baru tahu terutama berkaitan dengan nama2 dinas dan departemen yang berkaitan teknologi dan informasi. Selama ini mungkin sebagian kita mendengar ada KPDE, BPDE, Infokom, dan Bapetikom, ternyata menurut pak Nadjib semua itu berbeda fungsi dan tujuan setelah mendengar penjelasan pak Nadjib aku makin bingung :D ...,
Beberapa pertanyaan yang masuk saat on-air, masih mempertanyakan seperti apakah e-gov itu dan manfaatnya buat masyarakat apa. Sebenarnya pertanyaan klasik sih, cuman karena pemerintah kurang getol menginformasikan e-gov untuk pelayanan publik sehingga pertanyaan2 mendasar seperti itu masih muncul. Bahkan e-gov surabaya meraih penghargaan sebagai salah satu yang terbaik pun, banyak sekali yang tidak tahu (termasuk aku hehehehe ...) bahkan ada yang menanyakan "kirteria penilaiannya apa saja ? jurinya dari mana, koq menang ?". Aku ketawa ngakak denger pertanyaan itu, untungnya gak sempet masuk mic :) ada dua makna dari pertanyaan itu "nyindir dan meragukan" atau "bener2 ingin tahu", aku ketawa karena makna pertama :D
Saat baca sebuah majalah dan komentar beberapa pakar tentang e-gov, sempet ada usulan menarik seperti KTP yang bisa secara otomatis di kirim ke yang bersangkutan jika masa berlakunya abis, ya ... seperti kartu kredit gitulah ..., bis gak ya ?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home